Home » » 4 Perbedaan kata Aamiin dalam Bahasa Arab

4 Perbedaan kata Aamiin dalam Bahasa Arab

Written By Apin on Tuesday, October 14, 2014 | 10:13 AM

Tulisan ini mungkin sebelumnya telah ditulis oleh teman-teman blogger lainnya. Tapi untuk me-refresh lagi saya mencoba untuk menuliskannya lagi, dan semoga bermanfaat! :)

Kali ini saya akan membahas tentang arti kata “Amin, Aamin, Amiin, dan Aamiin”. Di kehidupan sehari-hari, seperti contoh kecil di dalam pesan singkat (Short Message Service), kita seringkali menjumpai tulisan “Aamiin”. Kata Aamiin diucapkan ketika kita mendengarkan do’a orang lain. Dimana kata tersebut bermakna sebuah permintaan kepada Allah semoga do’a yang diucapkan tersebut diijabbah oleh Allah. Nah, sekarang apa jadinya kalau kata Aamiin yang kita ucapkan/tuliskan tersebut tidak sesuai dengan lafaznya? Tentu maknanya akan berbeda bukan?

Dalam Bahasa Arab ada empat perbedaan kata “Aamiin” yaitu:

    Amin (alif dan mim sama-sama pendek), artinya Aman, Tentram
    Aamin (alif panjang & mim pendek), artinya Meminta Perlindungan Keamanan
    Amiin (alif pendek & mim panjang), artinya Jujur Terpercaya
    Aamiin (alif & mim sama-sama panjang), artinya Ya Allah, Kabulkanlah Do’a Kami

Nah, sekarang sudah tau kan apa perbedaannya? Keempat arti kata di atas semuanya bermakna baik, tapi tujuan kita mengucapkan kata tersebut untuk apa sudah benar atau belum? Jadi, tempatkanlah kata-kata tersebut sesuai dengan tujuannya, karena apabila tinggal satu huruf atau salah penulisan satu huruf saja akan mengandung arti yang berbeda.

Tidak jarang juga kita menjumpai penulisan kata Aamiin tersebut  seperti “Amien”. Arti kata yang satu ini sebisa mungkin dihindari, karena kata “Amien” yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala (Paganisme). Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Catatan :
- Boleh berupa kritik dan saran
- Usahakan komentar tidak menyinggung
- Tidak mengandung kata-kata kasar
- Tidak berbau porno
- No spam

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Back to top
close
Djaroem Sport