Home » , » COS, Sistem Operasi Mobile Berbasis Linux Buatan Cina

COS, Sistem Operasi Mobile Berbasis Linux Buatan Cina

Written By Apin on Sunday, February 2, 2014 | 7:00 AM

COS, sistem operasi mobile berbasis Linux telah diumumkan oleh pemerintah Cina baru-baru ini.

COS yang merupakan sistem operasi berbasis Linux itu dikembangkan oleh Institute of Software at the Chinese Academy of Sciences (ISCAS) milik Pemerintah Cina. ISCAS bertujuan ingin mengakhiri era Android di Cina dan platform mobile lainnya besutan perusahaan AS, seperti iOS dan Windows Phone dengan menggandeng berbagai raksasa vendor smartphone dalam negeri.

COS, sistem operasi mobile berbasis Linux telah diumumkan oleh pemerintah Cina baru-baru ini.

Dilansir dari Tech in Asia dalam peluncurannya, pihak ISCAS mendemokan COS ke smartphone, tablet, laptop, dan perangkat set-top-box. Salah satunya melalui HTC One. Hasilnya, COS pun mampu berjalan lancar. Sejak Agustus tahun lalu, HTC memang dikabarkan sedang menjalin proyek rahasia dengan Pemerintah Cina guna menggarap COS. Hanya saja, HTC enggan memberikan komentar.

Saat ini memang belum ada kabar terkait vendor mana yang siap mengadopsi sistem operasi baru itu. Namun, HTC disebut-sebut sebagai salah satu vendor yang siap mendukung platform baru tersebut.

Lebih dari itu ide untuk membuat platform lebih terbuka ketimbang iOS, Windows Phone, dan Android, sehingga dapat meninggalkan celah bagi pemerintah untuk dapat melakukan pengawasan. Dengan platform miliknya sendiri, tentu pemerintah Cina dapat meningkatkan kapabilitasnya untuk mengintip pengguna ponsel di negaranya, kurang lebih seperti yang dilakukan NSA di Amerika.

Namun yang cukup disayangkan adalah terdapat beberapa fitur di COS yang terlalu mirip dengan Android seperti multitasking, konten streaming, dan remote desktop. Bahkan, background-nya pun mengingatkan pada tampilan versi default di Android versi 4.0 ke atas (Ice Cream dan Jelly Bean) yang berwarna hitam.

COS sendiri sebenarnya bukan sistem operasi pertama buatan Pemerintah Cina. Jauh sebelum itu, tepatnya pada 2009 silam, pihaknya melalui operator seluler China Mobile (BUMN Pemerintah Cina), membesut OS mobile bernama OPhone OS yang juga berbasis Linux. Namun, Ophone OS hanya berumur satu tahun dan hanya satu smartphone saja yang dilepas ke pasar Cina. Pasalnya, China Mobile tak mampu membendung kesuksesan iPhone yang pada 2010 silam yang mulai banyak dipasarkan oleh pesaingya, seperti China Unicom.

Post a Comment

Catatan :
- Boleh berupa kritik dan saran
- Usahakan komentar tidak menyinggung
- Tidak mengandung kata-kata kasar
- Tidak berbau porno
- No spam

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Back to top
close
Djaroem Sport